TEKNOLOGI ROBOTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA



TEKNOLOGI ROBOTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA

 

Apa Itu Teknologi Robotik?

Teknologi Robotik atau Robotika adalah salah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Pembuatan teknologi ini berhubungan dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.

Contoh teknologi robot yang bisa membantu manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari atau menjalankan kegiatan khusus yang cukup berbahaya antara lain adalah: RIBA atau Robot for Interactive Body Assistance (Perawatan), Robot ApriPoco (diprogram dengan fungsi sebagai pengendali remote control universal), Robot Buddy (Pembantu pekerjaan Rumah), Robot Industri, Robot Penjinak Bom dan lain sebagainya.

Teknologi Robotik dalam Dunia Pendidikan

Pengenalan teknologi robotic sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Di dunia pendidikan, para pelajar telah memasuki usia produktif. Usia ini adalah usia yang tepat untuk mereka menerima lebih banyak pengetahuan serta mengasah skill agar kedepannya mereka siap untuk memasuki dunia kerja.

Pendidikan teknologi ini semakin berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan, teknologi ini telah menjadi salah satu objek penting di seluruh negara di dunia. Di era globalisasi ini, masyarakat (terutama siswa) dituntut memiliki wawasan yang luas. Dengan wawasan yang mereka miliki, diharapkan mereka nantinya bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Di masa depan, teknologi sangatlah diperlukan dalam setiap lini kehidupan. Banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh robot di era mendatang. Oleh karena itu, mulai dari sekarang para siswa harus menguasai teknologi ini agar tidak kalah saing.

Teknologi Robotik dalam Dunia Kerja

Dasar pemikiran mengenai pembuatan sebuah mesin/robot yang dapat bekerja sendiri sebenarnya sudah dimulai pada zaman klasik. Meskipun begitu, riset mengenai perkembangan dan implementasi dari dasar pemikiran ini tidak terlalu berarti, sampai abad ke-20.

Sekarang ini, di abad ke-21. Penggunaan Robotika semakin canggih. Bahkan, teknologi ini menjadi salah satu aspek yang sangat penting di lingkungan manufaktur modern. Penggunaannya juga meningkat dari waktu dan waktu. Penggunaan teknologi ini di dunia industri dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Selain digunakan di dalam lingkungan industri manufaktur. Robotika ini juga sering digunakan untuk menggantikan manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan berbahaya dan tidak aman. Contohnya saja, menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, pekerjaan ruang angkasa, pertahanan, keamanan, atau industri nuklir dan untuk proyek pertambangan.

Di masa depan, penggunaan teknologi ini tentunya akan menjadi hal yang sangat lumrah. Berbagai sektor lainnya seperti pertanian, konstruksi, transportasi, perawatan kesehatan, pemadam kebakaran, atau layanan kebersihan mungkin juga akan menggunakan robot.

Robot dapat melakukan tugas berat dengan presisi dan pengulangan, sedangkan manusia memiliki keunggulan dalam segi kreativitas, pengambilan keputusan, fleksibilitas, dan kemampuan beradaptasi.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, robot tetaplah sebuah program. Diperlukan manusia (aparatur) yang kompeten untuk mengoperasikan robot ini. Untuk mencapai kombinasi kerja terbaru, operator mesin robotika ini membutuhkan pelatihan khusus dan mendalam mengenai segala hal yang berhubungan dengan seluk beluk serta sistem operasional robot tersebut.

Kesimpulan


Teknologi Robotik semakin berkembang dari waktu ke waktu. Kita dituntut harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ini. Kami, Asperio menawarkan salah satu produk unggulan kami yakni : AsperioDOBOT.

AsperioDOBOT merupakan lini produk kerjasama Asperio dengan DOBOT berupa robot yang ditujukan untuk dapat digunakan di dua lingkungan: Edukasi dan Industri. DOBOT Magician memiliki fleksibilitas untuk dimanfaatkan sebagai alat ajar maupun sebagai otomasi pabrik sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu sistem pembelajaran dan pelatihan bagi instansi pendidikan untuk membantu muridnya lebih memahami materi mengenai Robotika atau untuk lembaga pelatihan/pabrik yang ingin mentraining talentnya agar lebih kompeten dalam bidang robotika.

 

Kembangkan keterampilan Robotika bersama dengan AsperioDOBOT. 

Asperio merupakan satu-satunya Distributor Dobot Magician Indonesia.

 

Sumber Artikel :

https://id.wikipedia.org/wiki/Robotika

https://kominfo.go.id/content/detail/16567/pentingnya-teknologi-robotik-diterapkan-di-dunia-pendidikan/0/sorotan_media

https://www.liputan6.com/tekno/read/3416185/4-robot-canggih-ini-bisa-bantu-pekerjaan-sehari-hari

 



RELATED ARTICLE